Martin Tupen, Amanat Pada Apel Kesadaran Penghujung Karir ASN Kemenag

Larantuka (Humas) – Apel kesadaran Selasa, 17/04/2022 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur menjadi sesuatu yang spesial. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, berkesempatan memimpin apel Kesadaran terakhir di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, setelah mendapatkan SK. Pensiun dari Bapak Kepala Bagian Tata Usaha H. Hasan Manuk minggu lalu.

Apel yang dilangsungkan di lapangan upacara belakang Kantor Kemenag Flores Timur tersebut berjalan tertib dan lancar serta dihadiri Kasubag TU, Damianus Masan Sabon, para Kepala Seksi/ penyelenggara, para pengawas baik pengawas madrasah maupun pengawas pendidikan, seluruh pemangku jabatan fungsioanal umum dan fungsional tertentu, PPNPN Serta mahasiswa PKL.

Pada apel kesadaran tersebut, Martinus Tupen Payon berkesempatan menyerahkan Sertifikat Kepada Al-Mumtahanah Hafid, Mahasiswa Teknik Imformatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tanda telah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur selama 2 bulan sejak dari tanggal 14  Maret 2022.

Dalam amanatnya, Kakanmenag Flotim, Martinus Tupen Payon menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN Kantor Kemenag Flotim yang telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik selama ini. apresiasi juga kepada Unit Sekjen dan Penyelenggara Kristen atas pencapaian sebagai pengelolah keuangan terbaik tri wulan pertama dari KPPN Larantuka.

Kakan mengajak seluruh ASN Kantor Kemenag Flores Timur untuk menghayati tema besar HAB kali ini, kinerja kita diukur dengan inovasi kita masing masing, pada prinsipnya kesesuai antara kinerja dan anggaran adalah mutlak, tapi bagaimana pun kita harus dengan penuh penghayatan memaknai tema besar kita Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia, Tranformasi Layanan Umat, untuk mengubah manset kita sekalian, yang dulu terpaku melaksanakan sesuai tugas dan fungsi, namun dengan adanya tema ini kita perlu mentransformasikan diri kita apa yang menjadi tugas dan fungsi Kementerian Agama Republik Indonesia boleh dilakukan siapa saja, sehingga tidak terikat pada tugas dan fungsi kita masing masing.

“Profeciat kepada anakku Hanah sapaan Akrab Al-Mumtahanah Hafid, Mahasiswa Teknik Imformatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sudah mengabdikan diri anda di kantor ini dalam praktek kerja lapangan (PKL). Praktek Kerja yang anda lakukan disini terus direfleksikan, karena disiplin ilmu sering tidak identik yang dilakukan di kantor baik secara admistrasi maupun tugas tugas fungsional lainya,”tutur Martin Tupen.

“Semoga apa yang anda praktekkan disini dapat dijadikan peningkatan karya – karya pelayanan terkhususnya untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur ini dan semoga apa yang  didapatkan selama melaksanakan PKL dapat dijadikan pedoman nanti, teruslah semangat belajar bidang perkuliahan anda, berkembang terus dengan menguasahi ilmu pengetahuan dan juga teknoligi yang anda tekuni untuk bekal anda di dunia kerja nanti. Sukses untukmu dan juga masa depanmu, terima kasih atas pengabdianmu terhadap Kementerian Agama selama dua bulan ini,” lanjut Kakan.

Diakhir amanatnya menyampaikan, untuk Semuanya yang hadir, untuk semua perhatianmu, untuk semua ketulusanmu, untuk semua dedikasimu, saya hanya menyampaikan limpah terima kasih dan untuk segala kekurangan dan kelemahan yang ada pada saya, saya mohon maaf sebesar – besarnya, mari kita terus sadar sebagai aparatur sipil negara, abdi negara, abdi masyarakat dan mari kita berikrar terus melayani dan berkarya, kita mulia kerena karya kita, Bangga menjadi bagian dari aparatur sipil negara Kementerian Agama Republik Indonesia. Tutup Kakan Martin Tupen. ***(Agus Tokan)