Kemenag Raih Opini WTP, Ini Kata Kakankemenag Flotim

Larantuka (Humas) – Kementerian Agama kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Pengelolaan Anggaran dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan (LK) tahun 2019. Penyerahan hasil pemeriksaan LK Kemenag ini disampaikan oleh Anggota V BPK Bahrullah Akbar kepada Menag Fachrul Razi, di Kantor BPK, Jakarta. 

Dirilis dari ntt.kemenag.go.id bahwa Menteri Agama RI Fachrul Razi bersyukur atas prestasi yang kembali diraih Kementerian Agama RI secara berturut-turut selama empat tahun terakhir dari 2016, 2017, 2018 dan 2019.

“Kami bersyukur bisa memperoleh opini WTP. Dan ini sudah kami peroleh selama empat tahun berturut-turut, yakni tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019,” ujar Menag saat menyampaikan sambutan usai menerima hasil laporan pemeriksaan, Senin (27/07). 

Menag juga mengapresiasi BPK yang telah melakukan pemeriksaan intensif terhadap laporan keuangan, sehingga transparansi dan akuntabilitas keuangan negara semakin terwujud. Tak terkecuali pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap Laporan Keuangan Kementerian Agama (LKKA). 

Rasa syukur yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag. Saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/07/2020), Martinus Tupen Payon menyatakan syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebab prestasi yang diraih tersebut bukan hasil perjuangan dan kerja keras semata melainkan atas berkat dan penyelengaraan ilahi.

Martin Tupen juga mengatakan penilaian WTP dari BPK merupakan sebuah kebanggaan sekaligus menjadi tantangan tersendiri sebab perjuangan untuk mempertahankan predikat WTP empat tahun secara berturut-turut tidaklah mudah tetapi semangat dan komitmen bersama seluruh jajaran Kementerian Agama dari pusat sampai daerah yang memungkinkan semuanya tercapai.

“kita (kemenag) memiliki semangat yang luar biasa untuk prestasi ini sebab sangat mudah bagi kita untuk mencapai predikat itu tetapi mempertahankan ini yang lebih sulit, dan kita dapat mencapainya dalam semangat yang sama”, ungkapnya.

Beliau menambahkan semangat yang sama dimiliki oleh seluruh jajaran Kementerian Agama itu terletak pada implementasi  5 Nilai Budaya Kerja yang dimiliki Kementerian Agama yang mampu mendorong ASN Kementerian Agama secara berjenjang dari pusat sampai daerah  untuk melakukan gebrakan dan inovasi sehingga melahirkan ragam prestasi yang dapat dicapai oleh Kementerian Agama RI beberapa tahun terakhir.

“5 NBK itu sebuah gebrakan sederhana tetapi punya dampak yang luar bisa seperti Nilai Inovasi yang menuntut kita untuk menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasi hal baru yang lebih baik dan hasilnya kita petik saat ini”, tambahnya.

Kakankemenag Flotim jug berterima kasih kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi NTT atas kebijakannya yang turut memberi kontribusi bagi Kementerian Agama RI dalam meraih prestasi tersebut. “ secara khusus kita berterima kasih kepada Bapak Kakanwil yang terus mendorong semua kita dengan segala kebijakannya dengan dukungan tim yang hebat di Kanwil Kemenag NTT sehingga kita dapat mempertahankan prestasi ini”, pungkasnya.  (***peter)