Uskup Larantuka Pimpin Misa Pembukaan Pesparani Perdana Di Larantuka

Larantuka (Humas) – Perayaan Ekaristi Kudus Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (pesparani) perdana tingkat Kabupaten Flores Timur berlangsung meriah dan semarak (Jumat, 21/02/2020).  Ribuan umat hadir mengikuti misa dengan konselebran utama,  Yang Mulia Uskup Larantuka,  Mgr. Fransiskus Kopong Kung, Pr dan didampingi  para imam.

Hal menarik dan unik terlihat saat perarakan Bapak Uskup Larantuka bersama imam memasuki arena taman kota dimana Uskup dan para Imam diiringi Drum Band Gita Sahara MAN 1 Flores Timur (MAN Waiwerang). Pemandangan tersebut semakin menegaskan bahwa Kabupaten Flores Timur merupakan daerah terukun di Nusa Tenggara Timur.

Dalam khotbahnya, Yang Mulia Bapa Uskup Larantuka menyatakan kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik merupakan bagian dari Iman dimana kita semua mengekspresikan iman tersebut dalam nada dan lagu. Selain mengekspresikan iman, umat Katolik juga dituntut untuk mewujudnyatakan iman itu dalam setiap perbuatan karena menurutnya  Iman tanpa perbuatan adalah mati.

“Iman tanpa perbuatan adalah mati,  karena kita boleh bangga dengan kota reinha namun ketika semua tidak nampak dalam perbuatan konkrit maka iman itu menjadi mati,  koson,  hampa dan sia-sia”, jelas Uskup Frans Kopong Kung.

Beliau juga mengingatkan padua suara adalah sesuatu perpaduan yang harmoni, indah maka sangat dibutuhkan semangat solidaritas untuk mendidik,  membangun, menghargai setiap perbedaan sehingga membentuk perpaduan yang indah, harmoni dan menarik. 

“Sebagai sebuah solidaritas pesparani harus menjadi sarana untuk membangun rasa solidaritas dengan sesama yang indah” tambahnya. Perayaan misa pembukaan berlangsung meriah dihadiri Wakil Bupati Flotim,  Agustinus Payong Boli, SH,  para pimpinan DPRD Flores Timur,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, para pimpinan OPD, para undangan lainnya serta seluruh kontingen atau peserta Pesparani tingkat Kabupaten Flores Timur berjumlah 825 peserta yang tersebar di 5 Zona. (***peter)