Kakankemenag Flotim Hadiri Rapat Persiapan Festival Bale Nagi 2020

Larantuka (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S,Ag, Rabu (12/02/2020) memenuhi undangan Sekretaris Daerah Flores Timur dalam rapat persiapan pelaksanaan Festival Bale Nagi Tahun 2020 di aula Setda Flores Timur. Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hajon, ST dan dihadiri para pimpinan OPD,para pimpinan Instansi Vertikal, serta pimpinan BUMN/BUMD di Larantuka.

Festival Bale Nagi sendiri merupakan program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Flores Timur yang mendukung Perayaan Semana Santa tahun 2020 di kota Reinha Larantuka. Festival ini didedikasikan  khusus untuk saudara/i diaspora Flores Timur yang saat ini berada dimana saja untuk pulang atau kembali sejenak di Larantuka Kabupaten Flores Timur saat Perayaan Pekan Semana Santa tahun 2020 untuk menyusuri akan dari mana kita berasal, mengenang kembali peristiwa masa kecil, mengikuti tradisi Pekan Suci Semana Santa serta memberi semangat baru yang positif bagi lewotana (kampung halaman).

Bupati Flores Timur dalam rapat tersebut menegaskan pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan festival bale nagi untuk ajang promosi daerah dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki Flores Timur secara khusus Perayaan Pekan Semana Santa yang sudah menjadi ciri khas Kota Larantuka saat ini. Namun ia berharap pelaksanaan festival dengan berbagai kegiatan tidak boleh menghambat dan menghilangkan nilai-nilai Semana Santa di tahun 2020 ini.

“ kita semua harus mempertahankan budaya dan tradisi kita saat ini. Pelaksanaan festival bale nagi tidak bisa menghilangkan nilai sejarah dan tradisi Semana Santa yang sudah kita yakini dan imani sampai saat ini”, ungkap bupati anton hajon.

Bupati Anton Hajon juga mengharapkan agar masyarakat kota Larantuka perlu menjaga suasana Pekan Semana Santa sehingga dapat berjalam aman, tertib dan lancar.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Flores Timur, Apolonia Korebima dalam kesempatan tersebut menjelaskan rundown pelaksanaan Festival Bale Nagi yang sudah dikomunikasikan dengan pimpinan gereja dan mendapat dukungan dari pihak gereja.

“ada berbagai kegiatan yang sudah direncanakan dan semua itu sudah dikomunikasikan dengan pihak gereja dan telah mendapat dukungan dari gereja dimana  esensinya adalah tidak mengganggu atau menghilangkan tradisi Iman Katolik di daerah ini melalui Pekan Semana Santa”, ucapnya.

Berikut rundown pelaksanaan Festival Bale Nagi di Larantuka Tahun 2020 yang dipaparkan

  • Kunjungan  tempat  bersejarah milik Katedral Reinha Rosari Larantuka, Kapel, Tori dan istana raja Larantuka ( sabtu, 04-14 April 2020),
  • Pameran Tenunan, lukisan, bonsai dan kerajinan ( Sabtu, 04 – 14  April 2020)
  • Pemjemputan rombongan diaspora, lounching buku Semana Santa dan Dialog Diaspora bersama Bupati Flores Timur ( Sabtu, 04 April 2020),
  • Perayaan Semana Santa ( 05-12 April 2020),
  • Open Trip : wisata ke pulau Mekko, wisata ke Lamanabi, wisata ke pulau Waibalun ( Sabtu 11 April 2020)
  • Pesta Sunset Kawaliwu : Pameran aneka kuliner Ikan, permainan layang-layang massal, lomba pop singer lagu rohani, hiburan dan pentas seni budaya serta meikmati sunset Kawaliwu ( Minggu, 12 April 2020),
  • Perayaan Maria Halleluya (Minggu, 12 April 2020) di desa Konga – Kecamatan Titehena,
  • Pesta Syukuran Nelayan : misa pemberkatan nelayan, pelaksanaan ritual adat di Waibalun,  lomba renang tradisional, pentas musik, pesta makan ikan ( Senin, 13 April 2020) di Waibalun Kecamatan Larantuka,

Kegembiraan Paskah, Dialog Terbuka Semana Santa, festival Sorgum dan Merungge (kelor), serta hiburan rakyat ( fashion show, acara dari komunitas Muslim, acara dari diaspora, dan dolo-dolo bersama ( Senin, 13 April 2020) di Taman Kota Felix Fernandez Larantuka. (***peter)