Pembentukan P3K MTs Negeri 1 Flotim

MTsN 1 Flotim (Humas)- Bertempat di Aula MTsN 1 Flotim, sebanyak 4 orang tenaga kesehatan dari Tim Puskesmas Waiwerang mengadakan Sosialisasi dan Pembentukan Pelajar Peduli dan Pemerhati Kesehatan (P3K) kepada siswa/i MTsN 1 Flotim yang telah dipilih sebanyak 41 orang menjadi Duta Pelajar Peduli dan pemerhati Kesehatan, Jumad (17/01/2020).

Dalam sambutannya kepala MTsN 1 Flotim, Budiawati Efendi, S.Pd menyampaikan rasa terimakasih kepada Tim Kesehatan dari Puskesmas Waiwerang yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk dapat hadir bersosialisasi dan pembentukan P3K di Madrasah kami.

“Sosialisasi ini sangat penting agar mereka (siswa) dan kita timbul kesadaran untuk selalu menjaga pola hidup. Karena kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Setelah tahu dan tertanam dalam kehidupan, perlu disebarkan kepada yang lain,” ujarnya.

Dikatakan, ada beberapa indikator yang mencerminkan perilaku hidup bersih dan sehat di Madrasah, yakni mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat, membuang sampah pada tempatnya, olahraga secara teratur, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, tidak merokok, memberantas jentik dan terakhir menggunakan jamban yang bersih.

“Nah, itulah indikatornya, jadi kami mengharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para siswa/i tahu cara menerapkan pola perilaku hidup bersih dan sehat. Dan diharapkan bisa menjadi duta sehat di Madrasah”

“Kami juga mengharapkan bantuan dan dukungan bapak ibu guru untuk pengawasan,” harapnya.

Sementara sambutan dari Tim Puskesmas Waiwerang, Dina Dince Pelu Pere, Amd. Kep selaku bidang humas menghimbau kepada para siswa yang telah terpilih menjadi duta P3K pada Madrasahnya semoga amanah dalam melaksanakan tugas yang telah diberikan oleh pihak Madrasah dan membantu Puskesmas Waiwerang sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan hidup sehat di Madrasah dan lingkungan masyarakat. Tim dari Puskesmas Waiwerang selanjutnya memberikan arahan singkat tentang pembentukan struktur kepengurusan P3K, sehingga didalam pelaksanaan program ini akan lebih terarah. *(diladica guhir/peter)