Supervisi Administrasi Kepegawaian MTs Negeri 2 Flotim Oleh Pengawas Madrasah

MTsN 2 Flotim (Inmas) – Administrasi dalam Dunia Pendidikan (Sekolah/Madrasah/Pesantren) yang tertib dan teratur, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah/Madrasah, Tata Usaha (TU) dan Guru. Peningkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan tersebut. Untuk memperlancar kegiatan di atas agar lebih efektif dan efisien perlu informasi dan evaluasi yang memadai

Administrasi sekolah/madrasah  adalah suatu proses keseluruhan kegiatan yang berupa merencanakan, mengatur (mengurus), melaksanakan dan mengendalikan semua urusan sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Administrasi sekolah/madrasah merupakan suatu proses pemanfaatan segala sumber (potensi) yang ada di sekolah baik personil (Kepala Sekolah/madrasah dan stafnya serta guru-guru dan karyawan lainnya) maupun material (kurikulum, alat/media) dan fasilitas (sarana dan prasarana) serta dana yang ada di sekolah/madrasah secara efektif.

Menyadari akan pentingnya Administrasi dalam pengelolaan madrasah, pada tanggal 26 November 2019, Tim Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Flores Timur melakukan kunjungan dalam rangka Supervisi Administrasi Kepegawaian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Flores Timur. Kehadiran Tim Pengawas diterima oleh Wakamad Kurikulum (Siti Sanawati, S.Pd) selaku PLH dan Kepala Tata Usaha (Simat Haji Abdul Karim, S.Ag), karena pada saat yang bersamaan Kepala Madrasah sedang melaksanakan Dinas Luar ke Larantuka dalam kegiatan Penyerahan DIPA Tahun Anggaran 2020.

Disela-sela pelaksanaan Supervisi, Tim Pengawas Madrasah yang diwakili oleh Ibu Hj. Nurlipa Bethan menghimbau kepada seluruh pegawai agar terus berbenah dan melengkapi Administrasi Kepegawaian sebagai penopang pelaksanaan program peningkatan mutu madrasah.

“Saya mengapresiasi atas ketersediaan Administrasi Kepegawaian di MTsN 2 Flotim ini, meskipun masih ada beberapa administrasi yang perlu dibenahi dan dilengkapi”. Ungkapnya.

Diakhir kegiatan, Tim Pengawas Madrasah memberikan nilai hasil Supervisi Administrasi Kepegawaian MTsN 2 Flotim sebesar 82,30 dengan predikat “Baik”. Setelah mendapatkan laporan dari PLH berkaitan dengan kunjungan Tim Pengawas tersebut, Kepala Madrasah (Moh. Ismail, S.Ag) mengatakan : “Saya merasa puas dan mengucapkan terima kasih kepada Pelaksana Harian, Kepala Tata Usaha dan semua staf  Kepegawaian atas pelayanan dan kerja kerasnya dalam menyiapkan dokumen-dokumen kepegawaian yang diperlukan. Semoga dari hari-kehari penataan berbagai administrasi madrasah kita semakin lebih baik”. Katanya.