Para Camat Dan Para Imam Di Kab. Flotim Dukung Penyelenggaraan Pesperani

Larantuka (Inmas) – Program Kerja  Lembaga Pembinaan Dan Pengembangan Pesperani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Flores Timur dalam menyelenggarakan Lomba Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesperani) di tingkat Kabupaten Flores Timur mendapat dukungan penuh dari pihak pemerintah Kecamatan se Kabupatan Flores Timur dan para Imam se Dekenat Larantuka dan Dekenat Adonara. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris I LP3KD Kabupaten Flores Timur, Raimundus Yohanes Paulus Sili Bataona, SS di ruang kerjanya, Kamis (14/11/2019.

Kepala Seksi Urusan Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur tersebut menyatakan hasil sosialisasi yang sudah dilakukan oleh para pengurus LP3KD Kabupaten Flores Timur mendapat respons yang sangat luar biasa baik dari pemerintah kecamatan, para imam dan tentunya umat.

“ terakhir sosialisasi dilaksanakan oleh pengurus LP3KD Flotim dalam kegiatan retret para Imam se dekenat Larantuka dan dekenat Adonara di Larantuka (13/11/2019), LP3KD diberikan kesempatan untuk memberikan sosialisasi dan mendapat apresiasi dan dukungan dari para Imam”, ungkapnya.

Sebelumnya sosoialisasi serupa telah dilakukan kepada para camat pada tanggal 10 Oktober 2019 yang juga mendapat dukungan dari seluruh pemerintah Kecamatan di setiap wilayah.  Atas dukungan tersebut LP3KD Kabupaten Flores Timur telah menjadwalkan kegiatan Lomba Pesperani tingkat Kecamatan akan dilaksanakan sebelum akhir tahun 2019 dan pelaksanaan Peseperani tingkat Kabupaten Flores Timur dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2020.

Yance Bataona yang disapa ini menguraikan kegiatan lomba Pesperani tingkat Kecamatan se Kabupaten Flores Timur akan dibagi dalam 5 Zona yakni Zona Larantuka 1 yang akan terpusat di Kecamatan Larantuka, Zona Larantuka 2 akan terpusat di Kecamatan Wulanggitang, Zona Adonara 1 akan berpusat di Kecamatan Adonara Timur, Zona Adonara 2 berpusat di Kecamatan Adonara Barat dan Zona Zolor yang berpusat di Kecamatan Solor Selatan.  Semua pembagian zona tersebut  menurutnya sudah dikomunikasikan secara baik dengan para pimpinan Kecamatan dan juga para Pastor Paroki yang berada dalam  setiap wilayah Kecamatam.

Terkait jenis lomba Pesperani untuk tingkat Kecamatan sudah disepakati bersama yakni lomba cerdas cermat untuk anak dan remaja, lomba mazmur untuk anak, remaja, OMK dan dewasa serta lomba penuturan Kitab Suci untuk anak-anak. Beliau menegaskan Semua jenis lomba di tingkat Kecamatan tersebut juga akan dilombakan dalam Pesperani tingkat Kabupaten.

Untuk Lomba Paduan Suara yang menjadi icon kegiatan Pesperani, beliau menjelaskan lomba paduan suara akan dilombakan pada Pesperani tingkat Kabupaten Flores Timur yang pesertanya merupakan penunjukan dari para pemimpin di masing-masing wilayah dari 5 Zona yang sudah ditentukan.

“ jadi pesperani tingkat Kabupaten tentunya hanya diikuti oleh 5 wilayah  yang sudah dibagikan dalam sistem zona tersebut. Dan untuk kelompok  paduan suara akan ditunjuk oleh masing-masing koordinator wilayah agar dapat tampil di Pesperani tingkat Kabupaten”, jelasnya.

Demi suksesnya penyelenggaraan pesperani baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten, Yance Bataona kembali mengatakan LP3KD Kabupate Flores Timur telah menyiapkan anggaran untuk kegiatan pembinaan serta anggaran untuk para pendamping yang akan memonitor kegiatan-kegiatan latihan yang akan dilaksanakan.  Para pelatih untuk setiap wilayah akan dipercayakan kepada para pelatih atau dirigen wilayah setempat. Agar semua proses yang sudah ditetapkan tersebut berjalan maksimal, LP3KD Kabupaten Flores Timur rencananya akan melakukan rapat lanjutan dengan para pelatih atau dirigen dari setiap wilayah untuk membahas secara tekhnis penyelenggaraan mata lomba Paduan Suara. (***peter)