Implementasi Pembiasaan Keagamaan, Siswa MTsN 2 Flotim laksanakan Kamis Bersih di Rumah Ibadah

MTsN 2 Flotim (Inmas) – Sebagai upaya membentuk karakter religius peserta didik, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Flores Timur  rutin melaksanakan kegiatan yakni Kamis Bersih di Rumah Ibadah. Kegiatan tersebut sebagai wujud implementasi pembiasaan keagamaan.

Pelaksanaan pembiasaan keagamaan dapat berjalan dengan baik, jika tiga faktor penting pendukung terbentuknya karakter siswa yaitu keluarga, Sekolah/Madrasah dan lingkungan saling bersinergi.

Kepala MTs. N 2 Flotim, Mohammad  Ismail mengatakan,  sekolah/Madrasah sebagai kelanjutan dari pendidikan keluarga, berperan penting dalam pembentukan kebiasaan anak, sehingga karakter religius seharusnya terintegrasi dalam semua mata pelajaran dan seluruh kegiatan di Sekolah/Madrasah.

Diadakannya pembiasaan keagamaan di MTsN 2 Flotim menurutnya agar melatih serta membiasakan anak didik secara konsisten dan kontinu terhadap sebuah tujuan berdasarkan prinsip-prinsip agama, sehingga benar-benar tertanam pada diri anak dan akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan pada kemudian hari.

“ Dalam proses pendidikan, termasuk dalam pendidikan karakter diperlukan metode-metode pendidikan yang mampu menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada siswa. Penanaman nilai-nilai karakter tersebut, bukan hanya tahu tentang moral atau moral knowing, akan tetapi juga diharapkan mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari atau moral action yang menjadi tujuan utama pendidikan karakter”. Ungkap Kepala Madrasah, Moh. Ismail.

Sementara Pendamping kegiatan, Ustazah Ummi Muhammad mengatakan Saat ini, degradasi moral seolah menjadi trend zaman, akibat banyaknya karakter peserta didik yang mengalami kemunduran dari segi kereligiusan, sehingga perlu adanya pembinaan melalui pembiasaan-pembiasaan. Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam pembentukan karakter religius peserta didik MTsN 2 Flores Timur. **(abd. wahab/peter)