CIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN MENYENANGKAN

MTsN 1 Flores Timur (Inmas) – Seluruh proses pembelajaran di kelas harus dikondisikan  sedemikian rupa sehingga menjadi suasana yang menyenangkan dan bermakna. Melalui olah pikir, olah rasa,  olah hati dan olah raga, setiap komponen harus dapat menciptakan  situasi tersebut.  Hal itu disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Flores Timur saat diwawancara diruang kerjanya, Selasa, 24/09/2019.

Lebih lanjut dikatakan, guru harus mampu membuat suasana belajar seperti sedang bermain, karena anak lebih suka bermain dari pada belajar.  Belajar dikelas tentu telah menjadi menu harian untuk bapak/ibu guru dan para siswa/siswi Madrasah sebagai fasilitator utama dikelas, guru sangat berperan untuk membuat  menu harian ini selalu segar, menarik dan tidak membosankan, maka penyajian materi dengan cara-cara baru dan menyenangkan dapat menjadi satu faktor untuk menentukan hasil dan proses belajar dikelas.  Dengan suasana kelas yang menyenangkan, siswa akan menikmati kegiatan belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan.

Dikatakannya tujuan pembelajaran  di Madrasah salah satunya  untuk mengolah serta mengembangkan potensi dan kepribadian peserta didik. Agar tujuan tersebut tercapai maka proses pembelajaran harus berlangsung lancar, efektif dan menyenangkan dan bermakna.

“Kebijakan, program dan kegiatan pendidikan di madrasah, harus selalu bermuara pada peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas, sehingga akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan  memiliki daya saing,” Ucap Budiawati Efendi, S.Pd.

Budiawati Efendi berpesan kepada peserta didik saat mengontrol Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), agar selama menempuh pendidikan di madrasah selalu fokus, bersemangat dan tekun dalam belajar. Hindari pergaulan yang tidak bermanfaat. “Gunakan teknologi informasi  untuk kegiatan yang positif, pilih informasi yang berguna  untuk kalian,” harap Kepala MTsN 1 Flores Timur. **(guhir/budiawati/peter)