Selenggarakan PTS, MIN 1 Flotim Ukur Kompetensi Siswa

MIN 1 Flotim (Inmas) – Penilaian Tengah Semester ( PTS ) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pencapaian kompetensi para peserta didik setelah melaksanakan kegiatan selama setengah semester atau sekitar 10 minggu. Cakupan soal dalam PTS ini meliputi seluruh Kompetensi Dasar ( KD ) yang telah diajarkan pada kurun waktu tersebut. Berdasarkan Kalender Pendidikan 2019 / 2020, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Flores Timur PTS dilaksanakan dari tanggal 23 – 28 Sepetember 2019.

Pantauan Inmas MIN 1 Flores Timur Senin (23 /09 /19) hari pertama pelaksanaan PTS berjalan dengan lancar dan khidmat para siswa terlihat begitu serius dan disiplin mengerjakan soal – soal yang diberikan.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Fatimah Suksin,S.Pd.I ditemui disela- sela pelaksanaan PTS menjelaskan bahwa pelaksanaan PTS semester ganjil ini sangat penting dilaksanakan karena disamping digunakan sebagai tolak ukur guru menilai sejauh mana kemampuan siswa meyerap pelajaran dan disamping itu juga menjadi pembiasaan bagi peserta didik dalam menyelesaikan soal -soal yang tentunya dapat memebantu siswa dalam peningkatan hasil belajar.

“perlunya dilaksanakan Penilaian Tengah Semester karena untuk mengukur sejauh mana tingkat kemampuan peserta didik dalam menyerap ilmu yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru selama setengah semester berjalan,”jelasnya.

Iapun menambahkan bahwa untuk  pengawasan kepada peserta didik dilakukan oleh masing – masing guru kelas yang sudah terjadwalkan.  Hal ini dilakukan

“sebelumnya peserta didik sudah dihimbau untuk mempersiapkan untuk melatih kejujuran dan mengembangkan rasa percaya diri siswa dalam menjawab soal – soal yang diberikan.diri dengan belajar dirumah, serta hasil yang diperoleh nantinya akan menjadi acuan sejauh mana kemampuan mereka dalam proses belajar,” tambahnya.

Iapun Berharap dengan pelaksanan PTS dapat memotivasi peserta didik untuk lebih giat lagi dalam belajar sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar mereka dikelas. “Semoga dengan mengikuti PTS siswa terdorong untuk lebih giat belajar dan meningkatkan prestasi belajar mereka nanti pada Penilaian Akhir Semester (PAS),” harapnya. ***(Ipin Lamarobak/peter)