Laurentius Ola Kaya, Kasubag Kaya Pengalaman Terima SK Pensiun

Larantuka (Inmas) – Upacara  apel kesadaran lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Selasa (17/09/2019) di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur terasa berbeda dengan apel kesadaran pada bulan-bulan sebelumnya. Apel dipercepat 15 menit dari biasanya jam 07.30 wita, mengingat ada agenda penting yang harus dilaksanakan oleh pimpinan. Selain itu respons berlebihan seorang ASN terkait beberapa petugas upacara yang terlambat menambah cerita di pagi hari ini. Ada emosional tertentu mewarnai Apel Kesadaran.

Puncaknya dalam apel tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag menyerahkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor : 00177/12018/AZ/06/19 tentang pemberian kenaikan pangkat pengabdian Pembina IV/a TMT 01 September 2019, Pemberhentian, dan pemberian pensiun Pegawai Negeri Sipil yang mencapai batas usia pensiun TMT 01 Oktober 2019 atas nama Laurentius Ola Kaya, S,Ag, Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur.

Suasana hening seketika, tatkala seorang pria tegap berpeci dengan seragam korpri yang terakhirnya, melangkah ringan menuju  ke hadapan Pembina Upacara. Dengan senyum ia menerima SK Pensiun dari Menteri Agama RI yang diserahkan oleh Kakankemenag Flotim, Martinus Tupen Payon. Ramai tepukan tangan dari ASN menambah ceria pagi yang istimewa tersebut.

Laurentius Ola Kaya seorang Kasubag Kaya pengalaman akhirnya mencapai puncak pengabdiannya sebagai ASN Kementerian Agama dengan aman dan berhasil. Kurang lebih 11 tahun menjabat sebagai Kasubag TU di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, dari 15 Oktober 2008 s/d September 2019. Sebelumnya  menjabat sebagai Kepala Seksi Urusan Agama Katolik Kantor Kementerian Agama Katolik selama 5 tahun dari tahun 2003 – 2008. Ia pun mencatat pengabdiannya sebagai PNS selama 37 tahun 07 bulan. Sebuah pencapaian yang luar biasa.

Kakankemenag Flotim, Martinus Tupen Payon, S,Ag dalam amanatnya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kasubag TU, Laurentius Ola Kaya atas pengabdiannya yang sungguh luar biasa bagi Kementerian Agama RI secara khusus Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur.

“ proficiat buat Kasubag Tata Usaha, Laurentius Ola Kaya yang telah mengabdi pada Kementerian Agama selama 37 tahun 07 bulan, sebuah masa yang sangat panjang dan telah berkontribusi banyak hal untuk  perjalanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur sampai saat”, ungkapnya.

Beliau menambahkan Laurentius Ola Kaya adalah seorang yang sangat menguasai tugas dan fungsi Kementerian Agama, terlebih tentang berbagai regulasi dan peraturan yang ada saat ini. Lebih dari itu ia  adalah pribadi yang mempunyai nilai kemanusiaan, dan disandingkannya aspek tersebut dalam mengambil berbagai kebijakan dan keputusan sesuai jabatan yang diemban saat ini.

“ bagi saya beliau merupakan sosok yang sangat paham tentang regulasi dan peraturan terkait tugas dan fungsi Kementerian Agama. Pribadi yang memadukan regulasi dan rasa kemanusiaan untuk membuat kebijakan atau keputusan”, tambahnya.

Kepada seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martin Tupen berharap seluruh jajarannya untuk terus mengabdi dengan baik di Kementerian Agama dan mencontohi keberhasilan dan kesuksesan yang telah dilalui Kasubag TU, Laurentius Ola Kaya. 

Sementara Laurentius Ola Kaya, usai apel kesadaran menyampaikan perasaannya. Melalui unggahan di akun facebook ia menuliskan sebuah kebahagiaanya tersendiri tentang akhir dari pengabdiannya sebagai ASN Kementerian Agama. “ suatu hal yang pasti bahwa saya sudah tiba di garis finish hari ini 170919 melalui apel kesadaran. Terima kasih banyak bagi Tuhan, Pemerintah (Kemenag RI), Kakankemenag Flotim, teman-teman dan saudara saudariku, mohon maaf dan terima kasih berlimpah untukmu semua” demikian isi unggahannya di akun fecebooknya. (***peter)