Wakamad MAN 1 Flotim: Jadikan Generasi Muda Yang Cinta Budaya Daerah

MAN 1 Flores Timur (Inmas) – “Jadikan siswa-siswi kita sebagai generasi muda yang cinta budaya daerah,” hal tersebut disampaikan Wakamad Humas, Nona Wardan, S.Si dalam sambutannya selaku Pembina Upacara Bendera, Senin (02/09/2019) di lapangan Upacara Kampus 2 MAN 1 Flores Timur. Pada Upacara kali ini, semua Guru dan Staf MAN 1 Flores Timur mengenakan sarung tenun ikat motif daerah flores timur Nowing dan Kewatek.

Dalam arahannya, Wardan menjelaskan bahwa penggunaan sarung tenun ikat motif daerah sangat diperlukan dalam rangka pengenalan dan pengembangan kebudayaan daerah sekaligus melestarikan budaya daerah.

“Jadi sangat diharapkan generasi muda khususnya siswa-siswi MAN 1 Flores Timur menjadi benteng yang mempertahankan budaya daerah,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Tata Usaha MAN 1 Flores Timur, Khairul Anwar, S.Sos.I, menyampaikan bahwa program penggunaan sarung tenun ikat motif daerah NTT ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran PemKab Flores Timur serta surat edaran Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Flores Timur.

Maka dari hal tersebut, selain Guru dan Staf, siswa-siswi MAN 1 Flores Timur juga diwajibkan untuk memakai sarung tenun ikat Nowing untuk putra dan Kawatek untuk putri. “Ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya, etika, moral, serta spiritual pada diri generasi muda di tengah pengaruh media sosial dan gadget yang semakin menjamur,” pungkas Khairul. ***(Amadien/peter)