Buka Workshop Peningkatan Kompetensi Guru, Kadis PKO Akui Prestasi Madrasah Di Flotim

Larantuka (Inmas) – Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olah raga (PKO) Kabupaten Flores Timur, Drs. Bernadus Beda Keda mengakui prestasi yang diraih oleh madrasah-madrasah di Kabupaten Flores Timur. Hal tersebut dikatakannya saat membuka kegiatan Workshop peningkatan kompetensi dan pengembangan profesi guru MTs.N 4 Flores Timur di Witihama – Kabupaten Flores Timur, Kamis (29/08/2019).

Dihadapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Drs. Bakir Doni Pulo, Ketua  Komite MTs.N 4 Flores Timur, Korwil Pendidikan Kecamatan Witihama serta Kepala MTs.N 4 dan para guru, beda Keda dalam kesempatan tersebut menyatakan beberapa tahun terakhir madrasah-madrasah di Kabupaten Flores Timur meraih prestasi baik di tingkat Kabupaten maupun tingkat provinisi yang pada akhirnya dapat berkompetisi di level nasional.

“ beberapa tahun terakhir ini madrasah kita mencapai prestasi yang gemilang di tingkat provinsi dan berkesempatan membawa nama daerah di kancah nasional, dan ini yang patut kita banggakan”, ujarnya.

Beliau mencontohkan beberapa prestasi yang diraih madrasah pada tahun 2019 ini yang sudah mengharumkan nama daerah Flores Timur di level Provinsi NTT, seperti : Juara I Lomba Sekolah Sehat jenjang SMP/MTs tingkat Provinsi NTT yang diraih oleh MTs.N 1 Flores Timur, Juara II Lomba Sekolah Sehat jenjang SD/MI tingkat Provinisi NTT yang diraih oleh MIN 1 Flores Timur dan terkahir Juara I Lomba KSM tingkat Provinsi NTT bidang study Matematika jenjang MTs yang diraih oleh ananda Tri Setyaningsih Niga Bakang siswa MTs.N 1 Flores Timur di witihama.

Rangkaian prestasi tersebut menurutnya merupakan pencapaian yang sangat baik bagi lembaga pendidikan madrasah di daerah ini dan berharap kerjasama dan kolaborasi lintas sektoral terus ditingkatkan guna peningkatan mutun dan kualitas pendidikan di daerah ini agar semakin baik ke depannya.

“ kita perlu kerjasama, perlu koordinasi dan kolaborasi ,  walaupun madrasah bernaung di bawah Kementerian Agama yang merupakan instansi vertikal tapi keberadaannya di daerah dan tanggung jawab edukasi di daerah ada pada Dinas PKO”, katanya mengingatkan

Terkait kegiatan kompetensi peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan oleh MTs.N 4 Flotim, Putra Witihama yang sering berkunjung di setiap madrasah ini mengatakan hal tersebut sangat baik bagi para guru dalam mengasah kompetensinya demi merawat martabat guru yang profesional.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag berkesempatan memberikan Piagam Penghargaan dan Hadiah kepada ananda, Ade Tri Setyaningsih Niga Bakang siswa Kelas IX C MTs.N Witihama yang baru-baru ini mengharumkan nama Kabupaten Flores Timur di ajang KSM tingkat Provinsi NTT. Remaja sangat pendiam ini meraih Juara 1 KSM tingkat Provinsi NTT pada bidang study Matematika jenjang MTs dan akan mewakili Provinsi NTT pada ajang KSM tingkat Nasional pada tanggal 16-19 September 2019 di Manado-Sulawesi Utara.

Atas pribadinya yang sangat pendiam dan pemalu tersebut, Kakankemenag Flotim Martinus Tupen Payon menyebutnya anak pemalu tapi membanggakan. Beliau mengatakan semua pencapaian yang diraih oleh madrasah saat ini melalui proses yang sangat panjang dan berkat kerja keras semua pihak dan hal itu pantas untuk disyukuri. “ teman-teman hebat, kita semua hebat itu bukan kebetulan tapi sebuah proses yang telah menghasilkannya”, tandasnya. (***peter)