Pembinaan Rohani Katolik, RD. Thomas Labina: Semua Bisa Dirubah Jika Kita Merubah Diri

Larantuka (Inmas) – Seluruh ASN dan karyawan/ti BUMN/BUMD se Kota Larantuka yang berasal dari setiap instansi baik OPD, Instansi vertikal, serta BUMN/BUMD mengikuti kegiatan Pembinaan Rohani Agama Katolik yang diselenggarakan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Flores Timur di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka, Rabu (14/08/2019). Pembinaan Rohani dengan tema HUT ke-74 tingkat Kabupaten Flores Timur ” Terus Kerja Dalam Bingkai Desa Membangun Kota Menata Untuk Indonesia Unggul” dibawakan oleh RD, Thomas Darang Labina, Pr sebagai pendamping rohani.

Dalam pemaparan materinya, Ketua Yayasan Persekolahan Umat Katolik Flores Timur (Yepersuktim) ini memberikan berbagai gambaran tentang kerja dalam setiap dimensi kehidupan manusia. Kerja yang berhubungan dengan ASN serta karyawan/ti BUMN/BUMD menjadi fokusnya untuk memberikan pemahaman bahwa kerja setiap orang harus dapat memberikan kemanfaatan baik untuk kemaslahatan hidupnya juga untuk kebaikan orang lain.

Rm. Thomas Labina, Pr mengumpamakan pekerjaan orang kantor seperti ASN dan karyawan/ti BUMN/BUMD itu seperti gedung yang diisi manusia, maka kerja harus melahirkan relasi yang baik antar sesama sehingga dapat mencapai tujuan atau dapat mewujudkan visi dan misi dari kerja tersebut.

“ gedung itu diisi manusia dan gudang diisi tikus jadi jangan sampai gudang dihuni manusia dan gedung dihuni oleh tikus”, ungkapya sembari mengingatkan.

Menurutnya kebutuhan yang paling tragis dan ironis bagi setiap orang yakni punya mata tapi tidak melihat, maka beliau mengharapkan agar setiap awam birokrat harus secara sungguh menggunakan matanya untuk menatap masa depan dengan kerja yang bermanfaat, mempunyai visi    dan aksi untuk melahirkan sebuah perubahan yang baik untuk dirinya dan juga untuk sesama.

“ semua bisa berubah jika kita terlebih dahulu merubah diri, dengan landasan visi, misi dan aksi kita”, jelasnya.

Beliau mengharapkan agar momentum peringatan 17 Agustus 2019 menjadi sebuah kesempatan untuk bersama saling mengintropeksi diri dan memantapkan  kerjanya menuju kesuksesan dan kebahagiannya hidupnya serta kemaslahatan masyarakat sebab semua orang menginginkan hidup yang lebih baik.

“ maka kerjalah dalam keheningan, biar suksesmu yang membuat keributan”, tandasnya mengakhiri. Sementara, Sekretaris Daerah Flores Timur, Paulus Igo Geroda dalam sepata katanya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada RD. Thomas Labina, Pr yang telah membuka cakrawala berpikir para ASN di Kabupaten Flores Timur melalui kegiatan Siraman Rohani  dengan tema sentra tentang kerja yang sungguh bermanfaat. Baginya kegiatan seperti ini akan terus dilakukan dalam momentnya sehingga para ASN terus mendapat pencerahan serta semangat dalam menjalankan tugas. (***peter)