Sat. Mar 28th, 2020

Tindaklanjuti Edaran Kakanwil, Kakankemenag Flotim Rumahkan Seluruh ASN

Larantuka (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag langsung bertindak cepat dalam menindaklanjuti Surat Edaran Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT, : Nomor : B-2984/Kw.19.1/2/HM.00/03/2020  tentang Penyesuaian Sistem Jam Kerja Pegawai Di Lingkup Kemenag NTT Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease – 19 (Covid-19). Hal tersebut dilakukannya mengingat berbagai dinamika yang terjadi terkait penyebaran Covid-19 yang semakin masif di seluruh wilayah Indonesia khususnya di wilayah NTT.

Martinus Tupen Payon, S. Ag lamngsung mengumpulkan seluruh jajarannya di aula Kantor Kemenag Flotim, Jumad (20/03/2020), untuk menyampaikan surat edaran Kakanwil Kemenag Prov. NTT tentang Penyesuaian Jam Kerja bagi seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur dalam rangka antisipasi pencegahan mewabahnya Virus Corona di daerah ini.

Dalam Edaran tersebut, Kakanwil Kemenag Prov.NTT menghimbau untuk segera merumahkan seluruh peserta didik, guru dan tenaga kependidikan di TK, PAUD, RA, MTs, MA,MAK, SMAK, dan SMTK (Negeri dan Swasta) yang berada dibawah Kementerian Agama RI terhitung mulai Tanggal 20 Maret 2020 sampai dengan tanggal 04 April 2020 dan masuk kembali pada tanggal 06 April 2020. Hal-hal terkait ujian dan yang perlu dilakukan sekolah, para peserta didik, guru, tenaga kependidikan, orang tua dan ketentuan sistem kerja selama peserta didik dirumahkan mengikuti pedoman sebagaimana tertera dalam Instruksi Gubernur.

Sementara untuk penyesuaian Sistem Kerja Pegawai (non guru) pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, Kantor Urusan Agama Kecamatan, dan Satuan pendidikan dari tanggal 20 Maret 2020 sampai dengan 04 April 2020  diatur sebagai berikut; seluruh pejabat eselon II dan  III   di lingkup Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTT melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, Pejabat Eselon IV dan seluruh pelaksana melaksanakan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal.

Untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten/kota di seluruh NTT penyesuaian sistem kerja sebagai berikut; Pejabat Eselon III dan IV wajib masuk kantor dan tetap melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, sementara jabatan pelaksanan melaksanakan tugas di rumah/tempat tinggal. Ketentuan mengenai sistem kerja di rumah bagi ASN Pelaksana diatur masing-masing oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten//Kota.  Hal yang sama juga berlaku untuk lingkup Kantor Urusan Agama Kecamatan.  

Selain itu, untuk lingkup Satuan Pendidikan (TK,PAUD, RA, MI, MTs, MA, SMAK, SMTK,  MAK Negeri dan Swasta, para Kepala Sekolah dan Kepala Tata Usaha wajib masuk Kantor dan tetap melaksanakan tugas sebagaimana biasa, sedangkan para guru dan tenaga kependidikan agar melaksanakan tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal.  Ketentuan mengenai sistem kerja di rumah bagi para guru dan tenaga kependidikan diatur oleh Kepala Sekolah masing-masing dengan mengacu pada Instruksi Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor: 443/100/PK/2020 Tanggal 18 Maret 2020. Setelah menyampaikan surat edaran, beliau memerintahkan Kasubag Tata Usaha untuk membuat  pengaturan jam kerja bagi seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur dengan memberlakukan sistem sif dan menghimbau kepada seluruh jajarannya untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta mengkonsumsi makanan yang sehat agar meningkatkan daya tahan tubuh. (***peter)