Tue. Jul 14th, 2020

Wabup Flotim: Pesparani Menunjukan Kita Satu Lamaholot

Larantuka (Humas) – Wakil Bupati Flores Timur,  Agustinus Payong Boli, S.H, menegaskan pemerintah daerah Kabupaten Flores Timur sungghh berterima kasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (pesparani) perdana tingkat Kabupaten Flores Timur tahun 2020. Hal tersebut menurutnya sesuatu yang sangat luar biasa dalam menunjukan satu lamaholot untuk semua kontestan yang terlibat serta seluruh masyarakat yang hadir dalam ajang tersebut.

Hal demikian ia sampaikan saat berkesempatan membawakan sambutan Penutup Pesparani perdana tingkat Kabupaten Flores Timur tahun 2020 di Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka,  Minggu (23/02/2020).

Sebagai sesuatu yang sangat bernilai dalam kehidupan Iman Katolik di Flores Timur,  Wabup Agus Boli dalam kesempatan tersebut menyampaikan empat nilai yang terkandung dalam penyelenggaraan Pesparani perdana di Kabupaten Flores Timur;

Pertama nilai religiusitas; dimana secara iman Katolik bahwa menyanyi dengan baik berarti kita berdoa dua kali,  dan hal itu menurutnya terjadi dalam kegiatan Pesparani ini.

Kedua; nilai solidaritas.  Melalui pesparani kita semua jadi satu, baik dari adonara,  solor dan flores timur daratan, yang menunjukan kita sebagai satu keluarga (kaka arin).

“kita adalah satu lamaholot” tegasnya.

Ketiga; nilai budaya. Hal ini terbaca dengan jelas dari seluruh penampilan peserta Pesparani yang dibalut dengan kain tenun flores timur, sesuai Peraturan Bupati Flores Timur tentang pemakaian tenun ikat di kabupaten Flores Timur.  Wakil Bupati berharap kedepannya kain tenun tidak hanya dikenakan di perkantoran dan di sekolah tetapi juga dalam bidang rohani untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. 

Dan nilai yang keempat yakni nilai ekonomi, dimana penyelenggaraan pesparani perdana di Kabupaten Flores Timur selama tiga hari dari tanggal 21-23 februari 2020 sungguh menggerakan ekonomi masyarakat. Keseluruhan nilai yang diperoleh dalam pesparani tersebut wakil bupati Agus Boli  menegaskan bahwa dalam kekuatan cinta antara gereja dan pemerintah yang saling bekerja sama dan sama-sama bekerja untuk membangun Flores Timur tercinta. (***peter)