Tue. Nov 12th, 2019

Wabup Flotim Seruhkan Selamatkan Generasi Madrasah

Kemenag Flotim (Inmas) –  Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH, pada Rabu (09/10/2019) berkesempatan menghadiri dan membuka acara Pembukaan Milad  (Ulang Tahun) ke- X MTsN 4 Flores Timur di Witihama Kabupaten Flores Timur. Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Flores Timur, Ketua DPRD Flores Timur, Robertus Rebon Kereta, S.Pd, Kepala Dinas PKO Kabupaten Flores Timur, Drs.Bernadus Beda Keda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Martinus Tupen Payon, S.Ag  dan Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur, Drs. Bakir Doni Pulo.

Kehadiran Wakil Bupati Flores Timur  dan rombongan disambut meriah yang diawali dengan tarian hedung kolaborasi siswa MTs.N 4 Flotim dan Sanggar Seni Hoison Desa Pledo. Warga antusias menyaksikan acara penjemputan tersebut sembari menebar senyum kepada wakil bupati yang untuk pertama kalinya hadir di desa tersebut. Sapaan Adat dari tokoh adat setempat mengawali seremonial penjemputan dalam tradisi Lamaholot.

Ketika memberikan sambutan Agustinus Payong Boli, SH yang juga  Ketua Kwartir Cabang Flores Timur ini memberikan spirit kepada hadirin khususnya lembaga pendidikan agar senantiasa mengedepankan pendidikan karakter untuk menghasilkan generasi madrasah yang berakhlak mulia.

Beliau mengatakan mutiara hikmah berupa pendidikan karakter takan ada habisnya dipelajari karena rasa ingin tahu yang begitu besar mengalahkan keinginan untuk berhenti. Karena baginya karakter merupakan sumber dari segala pengetahuan. Oleh karenanya  memasuki usia ke 10 MTsN 4 Flotim harus terus berbenah dan berinovasi dalam menciptakan karya baru dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter.

“ Terkadang semua lupa esensi dari pendidikan yang sebenarnya, yaitu pendewasaan diri. Semakin berilmu seseorang seharusnya semakin baik tingkah lakunya, ironisnya yang terjadi saat ini kebalikannya, mereka yang telah mengenyam pendidikan dengan strata yang sangat tinggi malah memberikan kesan yang mencoreng makna dari keilmuwan itu sendiri, disinilah peran madrasah menangkal semua ini”, Jelasnya.

Beliau mengharapkan MTs.N 4 Flotim terus berbenah dan berinovasi dalam menciptakan karya baru dalam rangka peningkatan SDM manusia yang berkualitas dan berkarakter, dan terus bekerja sama dengan pemerintah maupun steck holder lainnya untuk terus berbenah dan saling bekerja sama dalam melayani generasi milenium yang mudah terpengaruh oleh perkembangan teknologi digital kini.

“Madrasah harus menjadi salah satu benteng pertahanan moral demi menyelamatkan para generasi yang kian terpuruk agar tetap berusaha menjadi generasi cerdas dan unggul sesuai minat dan bakat untuk menggapai kehidupan hari esok yang gemilang”, Pungkasnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Camat Witihama beserta seluruh unsur pimpinan wilayah, kepala desa se Kecamatan Witihama dan Kelubagolit, para oficial dan tim futsal dari berbagai lembaga pendidikan sebagai mitra madrasah serta komunitas madrasah. Acara Pembukaan Milad ke- X MTs.N 4 Flores Timur diakhiri dengan pelepasan balon Milad ke X oleh Wakil Bupati, Agustinus Payong Boli dan Lounching  program unggulam madrasah Jumad ISHOMA (Infak Shodaqoh Dhuha dan Madrasah Mengaji) oleh kepala Kementerian Agama Kab.Flotim, Martinus Tupen Payon, S.Ag. (*** Agus salim/peter)