Thu. Oct 17th, 2019

MIN 1 Flotim Kukuhkan Duta Kesehatan Dan Dokcil

MIN 1 Flores Timur (Inmas) -Untuk mendukung Program Usaha Kesehatan Sekolah /Madrasah ( UKS/M ), MIN 1 Flores Timur pada hari Jumad ( 04/10/19) dihalaman madrasah dilaksanakan upacara pengukuhan sebanyak 24 peserta didik diantaranya 3 siswa sebagai Duta Kesehatan Madrasah dan 21 siswa sebagai Dokter Cilik.

Duta Kesehatan dan Dokter Cilik dipilih dari perwakilan kelas 4,5 dan 6 melalui proses pengamatan dan penilaian selama 1 bulan oleh Tim Pembina UKM yang dibantu oleh masing – masing Guru kelas. Pengamatan dilakukan oleh Tim penilai bukan saja saat peserta didik berada di lingkungan Madrasah namun pada saat siswa berada di lingkungan keluarganyapun tidak luput dari penilaian.

Kepala MIN 1 Flores Timur Usman Umar,S.Pd.I menerangkan pengukuhan ini bertujuan untuk menanamkan karakter siswa yang peduli akan kesehatan dan kebersihan lingkungan madrasah . Selain itu pengukuhan inipun dapat memberikan ruang partisipasi bagi anak-anak agar berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di Madrasah dan berkontribusi dalam masalah – masalah kesehatan yang dihadapi oleh warga madrasah khususnya kepada peserta didik.

“banyak kegiatan yang nantinya akan dilakukan oleh tim ini untuk membantu program madrasah salah satunya adalah mensosialisasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga madrasah juga sosialisasi jajanan sehat disetiap kelas,”terangnya saat ditemui usai kegiatan acara pengukuhan.

Ia menambahkan dengan dikukuhkan Dokter Kecil dan Duta Kesehatan ini diharapkan dapat membantu program madrasah untuk memacu peserta didik agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan madrasah sehingga dapat terwujudnya Madrasah Sehat dan peserta didik yang berkarakter.

“para duta dan dokcil diharapkan dapat memotivasi teman-teman sekelasnya agar lebih cinta dan peduli terhadap lingkungan sehingga dapat terwujudnya Madrasah Sehat dan Peserta didik yang Berkarakter,” harapnya.

Sementara itu Pengelola UKM Nona Astika tapoona S.Kep, menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh Tim Dokcil (dokter kecil) di madrasahnya, antara lain kegiatan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan untuk mengetahui apakah anak-anak mengalami masalah gizi atau tidak. “Data tersebut akan membantu para Duta Kesehatan saat melakukan kegiatannya,” jelas Astika seraya menambahkan bahwa MIN 1 Flores Timur tengah memantapkan diri sebagai Madrasah Ramah Anak. ***(Ipin Lamarobak/peter)