Thu. Oct 17th, 2019

SMAK Fransal Luncurkan Buku Goresan Anak Fajar

Larantuka (Inmas) – Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) St. Fransiskus Asisi Larantuka. merayakan hari ulang tahunnya yang ke 5 tahun  pada hari ini, Jumad (04/10/2019). Perayaan syukur tersebut diawali dengan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Larantuka, Rm.  Gabriel Unto Dasilva,  Pr, yang dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur,  Martinus Tupen Payon, S. Ag,  Sekretaris Dinas PKO Kab. Flores Timur,  Fransiskus Xaverius Resiona,  Lurah Sarotari, Donatus Seran Goran, Kepala SMAK Fransiskus Asisi Larantuka, Rm.  Martinus Kapitan Sogen, Pr dan para guru tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, para orang tua wali murid,  para alumni,  dan siswa/i SMAK Fransiskus Asisi Larantuka.

Momentum bersejarah lustrum pertama 5 tahunan tersebut mengambil tema Menggapai Harapan Berbekal kebijaksanaan Menuju Fransiskus Asisi Yang Lebih baik diisi dengan acara peluncuran buku hasil karya anak-anak SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka dengan judul Goresan Anak-anak Fajar SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka. 

Buku tersebut merupakan kumpulan karya siswa/i SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka dari angkatan pertama tahun 2014 sampai dengan angkatan ke lima tahun 2019, dikemas dengan baik oleh tim editor yang diketuai Anselmus Atasoge, S. Fil, M.Th dosen Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS)  Reinha Larantuka.

Dalam acara peluncuran buku tersebut, Anselmus Atasoge mengatakan buku Goresan Anak Fajar SMAK St. Fransiskus Asisi membahasakan dunianya, membahasakan fakta yang mereka jumpai serta membahasakan pengalaman yang membekas dalam ingatannya dan hal-hal apa saja yang disaksikannya.

“Didalamnya mereka  berusaha mengingat kembali kenangan ketika melangkah awal di taman Fransiskus Asisi Larantuka,  dan pengalaman lain hasil meditasi dan refleksi yang mereka alami setiap hari”, ungkap Anselmus Atasoge dalam penjelasannya.

Beliau menambahkan bahwa dari hal sederhana yang mereka ciptakan ini,  anak-anak fajar ini hendak mengajak kita sekalian untuk bergerak melangkah lebih jauh untuk menemukan dan mengungkapkan kebijaksanaan sekaligus kebenaran-kebenaran mulai dari diri sendiri.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Flores Timur,  Martinus Tupen Payon,  S. Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 5 untuk SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka. Keberadaan sebuah lembaga Pendidikan menurutnya sebagai sebuah media yang tepat bagi semua orang untuk belajar dan menjadi lebih baik. Dan baginya kehadiran SMAK Fransiskus Asisi dengan khas Katolik dapat memberikan makna yang lebih baik untuk pendidikan nilai dan karakter bagi siswa/siswi. Dalam kesempatan tersebut Martinus Tupen Payon juga mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Bapak Uskup Larantuka yang telah merestui dan merekomendasikan berdirinya SMAK Fransiskus Asisi lima tahun yang lalu, sehingga keberadaannya saat ini telah memberi warna tersendiri bagi pendidikan khas Katolik di daerah ini. (***peter)